7 Hal Yang Bisa Kita Lakukan Bila Koneksi Internet Cepat

Berbicara tentang kecepatan internet, sebenarnya Indonesia termasuk salah satu negara yang koneksi internetnya agak lambat. Tentu saja kecepatan koneksi internet ini sudah mengalami kemajuan cukup signifikan bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Dan saya yakin, beberapa tahun ke depan koneksi internet di Indonesia akan semakin cepat.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, bila koneksi internet kita semakin cepat, apa yang bisa kita lakukan? Apapun yang menjadi konsen Anda, bagi saya pribadi kecepatan internet adalah sesuatu yang sangat berharga. Apapun akan saya lakukan untuk mempercepat koneksi internet di perangkat komputer saya.

7 Hal Yang Bisa Kita Lakukan Bila Koneksi Internet Cepat

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan bila koneksi internet di Indonesia semakin cepat:

1. Belajar via Internet

Sekarang sudah banyak sekali lho pelajaran yang bisa kita temukan di internet, baik itu berhubungan dengan keterampilan ataupun yang berhubungan dengan pendidikan formal. Materi pelajaran tersebut bisa kita nikmati dalam bentuk teks ataupun video, tergantung media apa yang paling kita sukai untuk belajar.

Salah satu website yang sering saya kunjungi untuk belajar adalah YouTube.com. Di situs ini ada banyak sekali video tutorial tentang apa pun yang saya butuhkan. Mau cari resep masakan dan cara memasak makanan tertentu juga bisa ditemukan di YouTube.

2. Mempercepat Pekerjaan

Sekarang ini kan jaman digital, hampir semua pekerjaan bersentuhan dengan komputer dan internet. Nah, untuk mendukung pekerjaan tersebut tentunya kita membutuhkan koneksi internet cepat kan.

Pekerjaan juga akan semakin mudah kita kerjakan bila koneksi internet lancar. Misalnya kita ingin mengirim file penting ke atasan atau klien melalui email, dengan internet cepat proses ini akan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

3. Membantu Mengurangi Pengangguran

Mungkin Anda tidak percaya bahwa internet bisa mengurangi pengangguran di Indonesia. Tapi faktanya memang seperti itu.

Coba perhatikan, sekarang ini ada banyak profesi baru bermunculan sejak jaman internet semakin marak di Indonesia. Misalnya para pengusaha online yang membangun bisnis mereka via internet.

Beberapa profesi yang bermunculan sejak era digital adalah profesi penulis artikel blog, pedagang online, jual jasa online, ojek online, taksi online, dan lain sebagainya. Itulah buktinya bahwa internet telah mengubah hidup banyak orang, menciptakan peluang baru bagi mereka yang mau berusaha.

4. Meningkatkan Perekonomian

Masih terkait dengan point 3. Bila pengangguran di Indonesia berkurang, tentunya hal ini akan membantu meningkatkan perekonomian.

Mungkin tidak terlihat kasat mata, namun internet sudah sangat banyak membantu tugas pemerintah dalam hal mengurangi pengangguran sekaligus meningkatkan perkenonomian Indonesia.

5. Sebagai Sarana Hiburan

Ada banyak sekali media hiburan yang bisa kita temukan di internet. Misalnya saja website YouTube. Kita bisa menonton berbagai video klip musik, atau video lucu yang dapat membuat suasana hati kita menjadi lebih senang.

Selain YouTube ada juga media sosial Facebook. Dengan media sosial ini kita bisa terhubung dengan keluarga ataupun kawan lama yang sudah lama tidak bertemu. Ini adalah salah satu hiburan tersendiri lho.

Walaupun begitu, kita juga perlu waspada dengan dampak negatif hiburan di internet. Terlalu banyak menghabiskan waktu di internet bisa juga membuat kita lupa dengan tanggungjawab di dunia nyata. Jadi harus bisa membatasi diri.

6. Sarana Komunikasi

Seperti yang sudah saya sebutkan di point 5. Salah satu manfaat internet ini bisa digunakan sebagai medi komunikasi, misalnya melalui situs media sosial Facebook.

Selain itu, aplikasi chating seperti BBM, Whatsapp, dan lain-lain, juga hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain bila ada koneksi internet.

7. Mengurangi Kemacetan

Masih berhubungan dengan point 2. Internet membantu kita untuk melakukan pekerjaan, salah satunya adalah membantu pekerjaan yang bisa kita lakukan secara remote.

Ada beberapa pekerjaan yang bisa kita lakukan tanpa membutuhkan kehadiran kita di kantor. Misalnya, membuat laporan kerja dan mengirimkannya via email. Tentu saja ini bisa mengurangi kemacetan bila banyak orang ternyata menyelesaikan pekerjaannya dari rumah tanpa harus berangkat ke kantor.

Nah, di atas tadi adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan bila koneksi internet cepat. Semoga wawasan kita semakin bertambah.…

Tags: