Berapa Lama Sekali Harus Cuci AC?

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih, hal ini membuat kita yang dahulu sering menggunakan kipas angin perlahan-lahan beralih menjadi menggunakan AC.

Meski memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, namun pastinya teknologi yang digunakan AC jauh lebih canggih dan tidak terdapat pada kipas angin.

Sebagian besar masyarakat di Indonesia banyak menggunakan AC dalam kehidupannya sehari-hari.

Apalagi, bagi Anda yang tinggal di kota besar dengan udara yang panas.

Berapa Lama Sekali Harus Cuci AC

Hampir setiap hari Anda tidak pernah lupa untuk menyalakan atau menggunakan AC agar udara jadi lebih sejuk dan nyaman.  

Namun, apakah Anda juga tidak lupa untuk secara rutin mencuci AC Anda? Mencuci AC adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Apalagi sekarang sangat mudah untuk mencarijasa cuci ACyang berkompeten dan berkualitas. Anda juga harus tahu berapa lama sekali Anda perlu mencuci AC agar tetap bersih dan menghasilkan udara yang segar! Baca penjelasannya di bawah ini!

  • Cuci AC 2-3 Bulan Sekali

Setelah digunakan selama dua sampai dengan tiga bulan, maka Anda juga perlu menyiapkan agar AC Anda bisa dibersihkan.

Komponen-komponen mesin di bagian dalam AC juga harus dibuat jadi bersih. Apalagi jika Anda semakin merasa udara yang dikeluarkan sudah tidak terlalu dingin. Itu adalah salah satu tanda bahwa AC Anda sudah lama tidak dicuci.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya debu yang menumpuk dari saringan yang berfungsi untuk memfilter udara masuk.

Tumpukan debu tersebut yang akan membuat udara jadi sulit untuk masuk dan mengalir ke dalam mesin AC. Nah, untuk jangka waktu pencucian AC, sebaiknya disesuaikan lagi dengan lokasi di mana mesin pendingin udara itu diletakkan.

Jika memang kondisi udara ruangan yang begitu kotor sehingga debu jadi mudah sekali menumpuk, maka perlu dibersihkan secara rutin sekitar satu sampai dua bulan sekali. Sedangkan, jika memang ruangan tersebut udaranya tidak terlalu kotor, Anda masih bisa menunggu sampai tiga bulan untuk mencucinya.

  • Freon

Jika kita sedang berbicara tentang AC, maka jangan lupakan hal yang satu ini. Freon adalah salah satu bahan kimia yang berada di AC dan membuat udara yang keluar jadi lebih sejuk dan dingin.

Tidak hanya digunakan untuk AC saja, tetapi digunakan juga untuk sebagian besar alat elektronik yang berfungsi sebagai pendingin.

Namun, banyak orang yang salah mengerti mengenai freon. Salah satunya adalah pendapat bahwa freon harus selalu diganti setiap ketika Anda membersihkan AC.

Padahal, faktanya freon baru akan habis setelah digunakan dalam jangka waktu dua sampai lima tahun secara normal. Pastinya akan boros sekali jika dalam waktu dua sampai tiga bulan freon harus diisi karena harganya yang cukup mahal.

Hal ini bisa menjadi akal-akalan teknisi yang mencari keuntungan sendiri. Karena itu, gunakanlah jasa cuci AC yang sudah profesional dan terpercaya.

Namun, memang akan ada juga kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi, misalnya ada kebocoran selang freon yang menyebabkan freon akan habis secara perlahan.

Tapi, hal ini bisa diatasi dengan melakukan pengecekan AC setiap enam bulan sekali secara rutin oleh ahli yang profesional.

Sehingga jika terjadi kebocoran atau kerusakan pada pipa dapat dengan segera diperbaiki agar tidak semakin parah.

Bahkan, jika Anda sudah merasa bahwa terjadi kebocoran pada pipa freon, segera hubungi petugas terkait agar dapat dengan segera diperbaiki.

Tags: