Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Cengkeh menawarkan banyak manfaat kesehatan, beberapa di antaranya termasuk bantuan dalam pencernaan, melawan kanker, melindungi hati, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengendalikan diabetes, menjaga kualitas tulang, dan mengandung sifat anti-mutagenik dan anti-mikroba, serta melawan penyakit mulut dan sakit kepala, sementara juga menampilkan sifat afrodisiak.

Apa itu cengkeh?

manfaat cengkeh
manfaat cengkeh

Cengkeh adalah salah satu rempah asli negara-negara Asia seperti Indonesia, India, Pakistan, dan bahkan wilayah Afrika Timur. Ini asli kepulauan Maluku di Indonesia. Mereka adalah agen penyedap populer yang digunakan dalam berbagai cara di seluruh dunia, terutama di Asia. Cengkeh membentuk dasar kuliner di sejumlah masakan Asia yang berbeda.

Cengkeh, seperti bumbu lainnya yang berasal dari Asia, memiliki sejarah besar di baliknya. Selama abad ke-13 dan ke-14, cengkeh diangkut jauh-jauh dari Indonesia ke China, India, Persia, Afrika, dan Eropa. Selama ini, cengkeh memiliki harga yang sangat tinggi, sehingga perang monopoli produksi dan distribusi cengkeh dimulai. Banyak perang dilancarkan untuk mengendalikan kepulauan Maluku selama periode abad pertengahan dan modern. Belanda menang dan memegang pulau-pulau Maluku untuk waktu yang sangat lama. Saat ini, cengkeh adalah tanaman komersial yang sangat penting di seluruh dunia.

Fakta Ilmiah Tentang Cengkeh

Cengkeh adalah kuncup bunga kering dari pohon Syzygium aromaticum. Ini milik keluarga tumbuhan bernama Myrtaceae. Tanaman ini merupakan tanaman cemara yang tumbuh dalam kondisi tropis dan subtropis. Cengkeh adalah ramuan dan orang menggunakan berbagai bagian tanaman, termasuk kuncup kering, batang, dan daun untuk dijadikan obat. Minyak cengkeh juga terkenal dengan khasiat obatnya.

Cengkeh telah digunakan selama ribuan tahun di India dan China tidak hanya sebagai bumbu dan bumbu tetapi juga sebagai obat untuk banyak penyakit. Pengobatan ayurveda menggunakan cengkeh untuk kerusakan gigi, halitosis, dan bau mulut. Dalam pengobatan Cina, cengkeh dianggap memiliki sifat afrodisiak.

Fakta Nutrisi Cengkeh

Menurut Database Gizi Nasional untuk Referensi Standar, nutrisi yang ditemukan dalam 100 gram cengkeh meliputi 65 gram karbohidrat, 6 gram protein, 13 gram lemak total, 2 gram gula, 274 kkal energi dan 33 gram serat makanan. . Mineral di cengkeh termasuk kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Vitamin yang ditemukan di antaranya meliputi vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K.

Zat Bioaktif pada Cengkeh

Senyawa bioaktif tertentu telah diisolasi dari ekstrak cengkeh. Beberapa diantaranya meliputi flavonoid, heksana, metilen klorida, etanol, timol, eugenol, dan benzena. Biokimia ini telah dilaporkan memiliki berbagai khasiat, termasuk sifat antioksidan, hepatoprotektif, anti-mikroba, dan anti-inflamasi.

Manfaat Kesehatan Cengkeh

Manfaat kesehatan cengkeh termasuk

Pencernaan yang lebih baik

Cengkeh memperbaiki pencernaan dengan merangsang sekresi enzim pencernaan. Cengkeh juga baik untuk mengurangi perut kembung, mudah tersinggung lambung, dispepsia, dan mual. Mereka bisa dipanggang, dibarengi, dan diambil dengan madu untuk menghilangkannya dalam gangguan pencernaan.

Sifat antibakteri

Cengkeh telah diuji untuk sifat antibakterinya terhadap sejumlah patogen manusia. Ekstrak cengkeh cukup ampuh untuk membunuh patogen tersebut. Ekstrak cengkeh juga efektif melawan bakteri spesifik yang menyebarkan kolera.

Sifat pencegahan kemo

Cengkeh sangat menarik bagi komunitas medis karena sifat anti-karsinogenik kemo-preventif atau anti-karsinogenasinya. Tes telah menunjukkan bahwa mereka sangat membantu dalam mengendalikan kanker paru-paru pada tahap awal.

Perlindungan Hati

Cengkeh mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, yang ideal untuk melindungi organ dari efek radikal bebas, terutama hati. Metabolisme, dalam jangka panjang, meningkatkan produksi radikal bebas dan profil lipid, sekaligus menurunkan antioksidan di hati. Ekstrak cengkeh sangat membantu dalam menangkal efek tersebut dengan sifat hepatoprotektifnya.

Tags: