Berbagai Ciri-ciri Hamil yang Harus Diketahui

Terlambat datang bulan merupakan salah satu dari berbagai ciri-ciri hamil. Akan tetapi, Anda harus mengenali berbagai ciri lain bahkan sebelum keterlambatan ini terdeteksi. Ciri-ciri ini seperti perubahan yang berada di payudara. Adanya perubahan hormon pada saat awal kehamilan biasanya akan membuat payudara menjadi jauh lebih padat, kencang dan sensitif. Bahkan puting akan terlihat muncul dan memiliki warna lebih gelap, pembuluh darah juga akan tampak di permukaan kulit.

 

Kedua, lebih sering buang air kecil dan muntah. Perubahan hormon ini juga bisa menyebabkan kebanyakan dari mereka sering buang air kecil saat awal kehamilan, terlebih di malam hari. Di tahap yang berikutnya, keinginan untuk buang air kecil biasanya dikarenakan oleh pembesaran rahim yang menekan kemih. Selain sering buang air kecil, wanita hamil akan mengalami mual dan muntah. Mual dan muntah ini terjadi pada 50% wanita hamil. Ada beberapa wanita yang mual hanya terjadi saat pagi hari. Mual ini lebih dikenal sebagai morning sickness. Pada wanita lain, kondisi ini juga bisa terjadi hingga sepanjang hari.

 

Ketiga, merasa kelelahan. Lelah yang tidak tertahankan yang terjadi terlalu sering bisa menjadi ciri-ciri kehamilan. Gejala ini bisa berlanjut terlebih di 3 bulan saat awal kehamilan. Ketika Anda lelah, hindari menangani kelelahan ini dengan pengonsumsian kafein yang bisa membahayakan janin Anda. Kondisi ini bisanya dikarenakan oleh meningkatnya kadar dari progesterone serta perubahan di produksi darah. Bila tidak di kelola secara baik, kelelahan ini juga bisa merujuk ke depresi.

 Berbagai Ciri-ciri Hamil yang Harus Diketahui

Keempat, sensitif pada bau serta hilang nafsu makan. Mual yang dialami ketika awal kehamilan biasanya disebabkan oleh indra penciuman yang jauh lebih tajam pada bau-bau tertentu, baik yang memiliki aroma positif atau yang beraroma negatif. Makanan dengan aroma tertentu bahkan yang biasa di konsumsi pun bisa membuat mual. Peningkatan kadar hormon HCG serta sensitifitas pada bau-bauan bisa membuat para wanita hamil kurang berselera untuk menyantap makanan yang biasanya dikonsumsi.

 

Semua ciri-ciri hamil yang berada di atas, sayangnya tidak selalu menunjuk pada tanda kehamilan, namun tanda adanya penyakit, beberapa wanita bahkan tidak merasakan gejala apapun sebelum hamil. Menggunakan test pack untuk mengecek kehamilan bisa menentukan kepastian kehamilan. Tes kehamilan ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon HCG yang diproduksi sesudah pembuatan terjadi. Tes kehamilan dengan cara mengambil urine di pagi haru, setelah itu tempatkan urine di wadah yang bersih dan celupkan ke alat uji. Hasil yang positif ditunjukkan dengan munculnya 2 garis merah, jika negatif ditunjukkan dengan 2 garis merah. Bila Anda terbukti hamil, berikan nutrisi yang seimbang untuk buah hati. Anda bisa memberi LACTAMIL.

Tags: