Tips Merawat Motor Baru Tak Cepat Rusak

Tips merawat motor baru – Motor baru, siapa yang tidak senang saat memiliki kendaraan pribadi sendiri? Melihat bodi motor yang masih gres tentu saja membuat hati ini menjadi senang. Tapi untuk mereka yang baru pertama kali memiliki motor, maka masalah perawatan motor akan menjadi hal yang baru dan tidak familiar untuk dilakukan.

Tips Merawat Motor Baru Tak Cepat Rusak

Tentu tak ingin kan bila motor yang baru kita beli malah cepat rusak? Nah, agar motor baru Anda tetap awet, baik mesin maupun bagian-bagian lainnya, maka ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips merawat motor baru berikut ini :

Rutin Memanaskan Motor

Biasakan untuk selalu memanaskan motor setiap hari terutama sebelum Anda menggunakannya. Kebiasaan ini akan membuat mesin motor awet. Panaskan motor selama kira-kira 3-5 menit sebelum digunakan. Terlalu lama memanaskan mesin motor juga tidak baik, karena hal ini dapat menyebabkan pipa knalpot menguning serta buang-buang bahan bakar percuma.

Jangan Terlalu Sering Dijemur

Ini mungkin agak sulit dilakukan, karena umumnya parkiran motor tidak dilengkapi dengan atap pelindung sehingga sering terpapar sinar matahari. Nah untuk menyiasati hal ini, usahakan untuk memarkir motor baru Anda di tempat yang teduh seperti di bawah pepohonan atau menggunakan kain terpal penutup atau bisa juga mantel. Hal ini mencegah cat motor Anda cepat memudar.

Rajin Mencuci Motor

Hal dasar dalam perawatan motor adalah mencuci motor saat kotor. Biasanya ada debu, tanah, maupun lumpur yang melekat terutama di bagian pijakan kaki pada motor. Bila tidak segera dicuci dan dibersihkan, kotoran-kotoran ini bisa menimbulkan karatan, dan akibatnya kerangka motor pun keropos. Tak ingin motor baru kita cepat keropos bukan?

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat dan Berkualitas

Agar motor tidak cepat rusak sebaiknya Anda menggunakan bahan bakar premium atau pertamax yang dibeli dari SPBU. Membeli tidak dari SPBU terpercaya ada kemungkinan bahan bakar tersebut dicampur dengan air dan bisa menyebabkan mesin rusak. Semakin tinggi nilai oktan bahan bakar, semakin bagus kualitasnya, menghasilkan proses pembakaran yang lebih bersih.

Lakukan Servis Secara Berkala

Meski Anda sudah melakukan berbagai tips dan cara merawat motor baru di atas, Anda tetap perlu membawa motor Anda ke bengkel untuk pengecekan dan servis secara berkala. Perawatan di bengkel biasanya meliputi penggantian oli dan pengecekan rantai motor. Lakukan hal ini secara rutin terutama dalam merawat motor baru Anda agar ia awet dan tahan lama.

Dengan menerapkan tips-tips merawat motor baru seperti yang telah dijelaskan di atas, maka motor Anda pasti akan lebih awet dan tahan lama. Rawat motor barumu dengan baik agar tetap tangguh dan handal digunakan hingga bertahun-tahun ke depan ya!

Tags: