Objek Wisata Alam Goa Jatijajar Kebumen

gua jatijajar

Berkunjung ke Kebumen nampaknya belum lengkap kalau belum mampir untuk menikmati objek wisatanya. Ada banyak objek wisata di kabupaten ini mulai dari benteng peninggalan belanda, goa yang masih alami dan pastinya pantai yang berjejer di sepanjang perbatasan bagian selatan kebumen. Salah satu tempat wisata pilihan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Goa Jatijajar.

Goa jatijajar berada di ujung selatan kabupaten kebumen tepatnya di desa jatijajar kecamatan ayah. Goa ini menawarkan suasana alam yang masih asri dengan stagtit dan stalagmit khas goa alami yang masih terjaga keindahannya. Objek wisata ini buka setiap hari dari jam 07.00 WIB sampai jam 18.00 WIB. Harga tiketnya juga ukup terjangkau hanya sebesar Rp. 15.000 per orang.

Goa Jatijajar merupakan salah satu ikon wisata kabupaten kebumen, oleh karena itu fasilitas di dalamnya juga cukup komplit. Hal pertama yang sangat diperhatkan adalah fasilitas umum, lahan parkir area wisata cukup luas mampu menampung hingga lebih dari 10 bus wisata dan ratusan sepeda motor. Fasilitas umum lainnya seperti toilet juga lumayan banyak, mushola juga tersedia di dalam area goa jatijajar.

Keindahan goa jatijajar ada pada kealamiannya dan diorama yang terpasang di dalam. Diorama berupa patung patung yang berjumlah 32 buah itu menggambarkan kisah dari Raden Kamandaka – Lutung Kasarung. Mengapa Dioramanya adalah cerita dari Raden Kamandaka? Konon ceritanya goa jatijajar pernah dijadikan tempat bertapa oleh Raden Kamandaka yang mempunyai nama asli Banyak Cokro itu.

Disamping Diorama hal lain yang menarik dari goa jatijajar adalah sungai yang ada didalam tanah yang mengalir didalam goa dan bisa pengunjung jangkau untuk merasakan kesegaran air alami yang mengalir deras. Ada 4 sungai didalam goa, namun hanya dua yang bebas dikunjungi oleh wisatawan sedang dua lainnya tidak dibuka untuk umum karena letaknya yang susah dijangkau dan cukup berbahaya.

Pergi berlibur pastinya ingin bawa oleh oleh dan cinderamata. Jangan Khawatir karena didalam area objek wisata goa jatijajar sudah disediakan pasar seni oleh pengelola yang didalamnya banyak penjual jajanan dan cinderamata khas goa jatijajar. Bagaimana? Menarik bukan objek wisata yang satu ini.

Tags: