Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Ibu Hamil

Apakah Anda setuju jika ibu yang sedang hamil perlu mengonsumsi makanan yang banyak? Pastinya Anda setuju kan? Tetapi tidak semua makanan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, kenapa? Karena ada makanan tertentu yang bisa mempengaruhi kehamilan tersebut. Permasalahannya adalah makanan apa saja sih yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil?

Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Ibu Hamil

Makanan merupakan faktor penting untuk membentuk sebuah kehamilan yang sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang cukup, maka kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh menjadi terpenuhi khususnya buat janin dalam kandungan. Tetapi dalam faktanya, tidak semua jenis makanan boleh dikonsumsi ibu yang sedang hamil dikarenakan makanan tersebut bisa mempengaruhi dan memberi dampak negatif terhadap janin dalam kandungan. Adapun jenis-jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil, antara lain :

  1. Daging Mentah

Jangan memakan daging mentah, kenapa? Karena mengandung toksoplasmosis yaitu parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin Anda dan juga E.coli yang berbahaya bagi ibu hamil.

  1. Seafood

Seafood memang mengandung omega-3 yang baik bagi bayi. Tetapi Anda juga harus menghindari seafood yang mengandung merkuri tinggi, kenapa? Karena bisa menyebabkan rusaknya otak bayi. Selain itu, hindari juga makanan ikan hiu, king mackerel, kepiting, udang dan salmon.

  1. Makanan siap saji

Makanan yang siap saji ini mengandung garam tinggi atau MSG, apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak maka akan menyebabkan tekanan darah rendah yang tinggi dan memicu pre-eklampsia.

  1. Buah nanas, pepaya muda dan pare

Mengonsumsi nanas, pepaya muda dan pare secara berlebihan bisa mengakibatkan keguguran.

  1. Daun pepaya

Mengonsumsi daun pepaya yang berlebihan bisa menjadi pemicu kerapuhan pada ari-ari janin dalam kandungan.

  1. Buah Anggur

Bagi Anda yang sedang hamil, sebaiknya hindari makan buah anggur karena bisa menyebabkan kandungan Anda menjadi panas.

  1. Makanan yang tidak dipasteurisasi

Makanan yang tidak dipasteurisasi memungkinkan mengandung penyakit bawaan yang dapat mempengaruhi janin dalam kandungan.

  1. Kafein, teh dan alkohol

Mengonsumsi kafein, teh dan alkohol dapat menyebabkan bayi Anda lahir dalam kondisi cacat serta juga meningkatkan resiko keguguran. Itulah berbagai pembahasan mengenai makanan yang wajib dihindari bagi para ibu hamil yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya.