5 Gejala Awal Sakit Ginjal

Gejala Sakit Ginjal

Ada beberapa gejala yang bisa menjadi pertanda bahwa seseorang mengalami gangguan ginjal. Namun sayangnya banyak orang yang tidak segera menyadari hal tersebut sehingga gangguan ginjal yang dialami berkembang menjadi penyakit ginjal. Penyakit ini tentu berbahaya bagi salah satu organ sekresi Anda ini, karena dapat mengganggu kinerjanya dan tubuh Anda sendiri.

Gangguan ginjal atau penyakit ginjal seperti ini kerap kali tidak memberi gejala yang terlihat sampai orang yang mengalaminya benar-benar terserang penyakit ginjal seperti batu ginjal atau gagal ginjal. Hal ini yang menyebabkan banyak orang yang tidak dapat menanggulanginya dan baru sadar setelah terserang penyakit ginjal.

Namun, ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi gejala awal penyakit ginjal. Cari tahu apa saja gejala yang dapat membantu mengetahui kondisi ginjal Anda dalam tips kesehatan di bawah ini.

  1. Gangguan Kencing

Urin berbusa atau busuk, sering buang air kecil dan jumlah urin yang terlalu banyak atau lebih sedikit biasanya menjadi salah satu pertanda gejala awal penyakit ginjal. Selain itu, gejala adanya darah dalam urin, rasa terbakar saat buang air kecil dan peningkatan infeksi urin juga bisa menjadi gejala sakit ginjal. Jika Anda mengalami salah satu hal di atas Anda harus segera memeriksanya ke dokter untuk menjalani pengobatan yang tepat.

  1. Bengkak pada Area Tubuh

Munculnya pembengkakan pada beberapa area tubuh seperti kaki, tangan, wajah dan pergelangan kaki bisa dikarenakan ketidakmampuan ginjal untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Kondisi ini juga termasuk ke dalam gejalan penyakit ginjal.

  1. Kelelahan dan Anemia

Terjadinya penurunan fungsi ginjal karena mengalami gangguan kesehatan bisa menyebabkan produksi hormon EPO lebih rendah atau menurun. Hormon ini berfungsi sebagai pemicu untuk memproduksi oksigen leih banyak.

Menurunnya kadar oksigen yang didapat tubuh juga bisa menyebabkan kelelahan, yang merupakan salah satu gejala penyakit anemia.

  1. Sakit Punggung

Kadang sakit ginjal polikistik menimbulkan gejala munculnya rasa sakit di sekitar punggung, tepatnya di area dekat ginjal. Penyakit ginjal ini adalah penyakit yang terjadi saat adanya perkembangan kista di dalam ginjal.

  1. Mual

Ternyata mual juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal. Jika Anda mengelami mual tanpa alasan yang jelas, Anda harus segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah mual yang Anda alami ada kaitannya dengan kondisi ginjal Anda.

Tags: