Simak Tips Berlibur Ala Backpacker Berikut

Backpacker – Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Jadi, apa Anda sudah memiliki plan untuk mengisi waktu liburan tersebut? Sesekali kita perlu mencoba keluar dari zona nyaman kita, misalnya dengan mencoba berlibur ala backpacker. Tidak semua orang berani mencoba berlibur murah dan sedikit nekat ala backpacker ini lho!

Simak Tips Berlibur Ala Backpacker Berikut

sumber gambar: holidaysafe.co.uk

Sebelum memutuskan untuk berlibur ala backpacker, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar liburan Anda berjalan lancar. Perencanaan liburan ini harus Anda lakukan jauh hari sebelum pergi berlibur. Yuk simak tips-tips untuk liburan ala backpacker berikut :

  • Tentukan Tempat Tujuan Berlibur Anda

Ya ini adalah langkah awal tips liburan untuk backpacker yang penting. Anda ingin kemana? Tentukan kota atau bahkan Negara yang ingin Anda kunjungi. Lihat juga situasi dan kondisi daerah tujuan Anda tersebut. Pastinya tidak mungkin Anda pergi berlibur ke sana bila daerah tersebut sedang dilanda badai.

  • Riset Tempat Wisata di Destinasi Anda

Riset itu penting. Carilah info mengenai tempat yang akan Anda kunjungi di daerah tujuan Anda, mulai dari tiket pesawat atau moda transportasi lain yang bisa membawa Anda ke sana, kapan waktu yang tepat untuk berangkat, stasiun dan transportasi apa yang umum digunakan di daerah tujuan. Anda juga bisa mencari info penginapan dan kuliner khas daerah setempat serta objek wisata yang terkenal di sana.

Dengan banyak informasi yang Anda kumpulkan, Anda bisa mengatur budget yang akan disiapkan. Anda juga tidak akan bingung atau mengalami culture shock setiba Anda di lokasi tujuan.

  • Batasi Barang Bawaan

Backpacker identik dengan membawa satu tas backpack selama melakukan perjalanan. Yang perlu diperhatikan saat berlibur, bawalah barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan saja. Baju ganti, perlengkapan mandi, obat-obatan pribadi, dokumen penting seperti paspor dan tiket, uang serta ponsel sudah cukup untuk menemani liburan Anda. Terlalu banyak barang hanya akan membuat Anda kesulitan dalam berkemas.

  • Selalu Waspada dimanapun Anda Berada

Backpacker seringkali bepergian seorang diri, karena memang di sanalah serunya berlibur ala backpacker. Anda mungkin bisa melakukan hal-hal ekstrem seperti panjat tebing dan makan makanan lokal yang anti mainstream, atau bepergian ke tempat-tempat asing yang tidak mungkin Anda lakukan bila pergi dalam rombongan. Tetapi, meski begitu Anda harus selalu waspada.

Tempat yang Anda kunjungi adalah tempat baru bagi Anda. Bepergian seorang diri bisa jadi membuat Anda menjadi target incaran orang yang berniat jahat. Pastikan Anda mengetahui bagaimana cara mengontak petugas keamanan setempat bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Siapkan Dana Cadangan

Dana cadangan sangat penting, terutama jika Anda travelling ke luar negeri. Bisa jadi Anda luput menghitung kurs mata uang setempat sehingga perencanaan budget Anda berbeda dengan kondisi aktual yang Anda temui. Hal ini juga bagus untuk mengantisipasi harga yang naik saat Anda berada di tempat tersebut.

  • Bawa Gadget dengan Fitur GPS

Liburan ala backpacker biasanya memilih mengunjungi tempat-tempat unik dan menarik yang biasanya tidak termasuk dalam suatu paket wisata, sehingga untuk menuju ke tempat tersebut Anda harus mencari sendiri rute ke sana. Adanya GPS akan membantu Anda lebih mudah untuk mencari tempat yang Anda inginkan tanpa takut tersesat.

Itulah tips sebelum berlibur ala backpacker. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam mempersiapkan liburan Anda. Happy travelling!

Tags: