Mengenal Khasiat Buah Semangka

Buah semangka merupakan salah satu buah yang bisa dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari. Buah semangka sangat mudah ditemui di sepanjang tahun, apalagi di musim kemarau. Buang semangka berdaging buah berwarna merah dan bahkan saat ini ada yang berwarna kuning.

Semangka terkenal sebagai buah yang banyak mengandung air dengan cita rasa yang manis sehingga saat cocok dimakan sewaktu musim panas yang terik. Seiring dengan kemajuan teknologi di bidang pertanian, buah semangka dikembangkan menjadi beberapa varietas seperti semangka kuning, semangka non biji, semangka inu (bentuk lonjong) dan sebagainya. Meskipun ada berbagai varietas, akan tetapi nilai dan gizi dari buah semangka tetaplah seimbang antara satu dengan lainnya.

khasiat-buah-semangka
Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan (Sumber : Pixabay.com)

Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Semangka

Semangka merupakan buah berbentuk buat dengan cita rasa manis yang sangat menyenang, sehingga semua orang menyukainya baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua. Rasa yang manis dengan banyak kandungan membuat buah ini menjadi salah satu buah yang sangat digemari karena buah ini mampu menghilangkan dahaga apalagi di siang hari sehabis bekerja.

Buah semangka mengandung banyak vitamin, mineral , zat antioksidan serta kalori yang cukup rendah sehingga bagi anda yang gemukpun bisa mengkonsumsinya. Semangka termasuk salah satu buah yang mengandung gizi yang cukup lengkap. Di dalam  satu potong buah semangka, anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari nutrisi yang dikandung buah ini. Karena khasiat  yang banyak dari buah semangka maka semangka sangat direkomendasikan untuk memelihara kesehatan tubuh anda.

Untuk memperoleh semua khasiat buah semangka, maka mengkonsumsi buah ini juga harus dilakukan sesuai dengan aturan yang semestinya. Dibawah ini ada beberapa tips bagaimana mengkonsumsi buah semangka khasiat buah semangka bisa kita rasakan.

  1. Cucilah buah semangka sebelum anda kupas dan bersihkan kulitnya dari bakteri atau kuman penyakit yang menempel.
  2. Kupaslah kulit semangka sebelum anda sajikan agar buah tidak terkontaminasi dengan bakteri atau kuman
  3. Konsumsilah semangka yang masih dalam kondisi segar atau baru saja dipotong, akan lebih baik lagi jika semangka baru saja dipetik dari lading sehingga lebih segar.
  4. Hindarilah pisau bekas memotong daging atau makanan lainnya sebelum dipakai memotong buah semangka.
  5. Jangan mengkonsumsi semangka yang sudah dipotong dan disimpan melebihi 24 jam.

Itulah beberapa khasiat buah dari buah semangka yang bisa menjadi panduan anda saat memenuhi kebutuhan gizi, vitamin dan mineral untuk tubuh anda. Jika anda banyak mengkonsumsi buah apalagi buah semangka maka nutrisi yang baik akan masuk ke dalam tubuh anda sehingga anda tetap segar dan bugar sewaktu beraktifitas.