Cara Merawat Mesin Mobil Matic agar Awet

Apakah Anda tahu cara merawat mobil matic? pada kesempatan kali ini kami membahas cara merawat mobil transmisi otomatis. Terlebih dahulu , Kami bahas apa itu transmisi matic (otomatis)  merupakan suatu transmisi yang dapat melakukan percepatan pindah gigi secara otomatis, untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi matic ini digunakan gesekan dan minyak transmisi otomatis.

transmisi-otomatis

Perlu Anda ketahui di zaman modern yang serba canggih saat ini, pertumbuhan mobil bertramisi otomatis semakin pesat, perkemabangannya sudah masuk ke jajaran mobil mewah. Kemudahan dalam berkendarapun sekarang menjadi kebutuhan primer sesuai dengan inovasi dan kreatifitas semua produsen otomotif di berbagai penjuru dunia.

Mobil bertramisi otomatis telah banyak memberikan kontribusi luar biasa yang berarti untuk meningakatkan performa dalam berkemudi, namun perlu Anda ingat, dibalik suatu kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan, mobil dengan transmisi matic ini membutuhkan perawatan dan penangganan yang ekstra hati – hati. Berikut ini beberapa cara merawat mobil dengan transmisi otomatis adalah :

Menggantikan Oli Transmisi Secara Teratur

Bagi pemiliki kendaraan dengan transmisi otomatis, Anda wajib ganti oli secara teratur setiap 25000 dan 50000 km, selajutnya pakailah pelumas yang sudah direkomendasikan produsen mobil. Kemudian untuk durasi waktu pergantian oli didasarkan pada jenis pelumas yang dipakai dan ringan atau berat medan yang ditempuh saat berkendara.

Lakukanlah Servis Secara Berkala dan Tepat Waktu

Untuk melakukan servis dapat Anda ambil dua pilihan yaitu kilometer atau bulan yang mana harus dipenuhi dahulu. Sama halnya dengan mobil bertransmisi manual, perawatan secara berkala juga wajib untuk mobil bertransmisi matic. Penting bagi Anda untuk mengikuti semua instruksi servis yang sudah di rekomended oleh produsen otomotif  selain itu,  untuk memastikan  kondisi kendaraan agar berkendara nyaman, dan aman Anda harus ikuti aturan garansi mesin yang sudah diberikan oleh produsen.

Gantilah Oli Transmisi setelah Berkendara dalam Keadaan Banjir

Jika Anda tidak dapat menghindar dari genangan air atau hujan maka segera mungkin untuk mengganti oli transmisi agar air  tidak masuk ke dalam gearbox yang mengakibatkan dampak buruk bila kemacetan gear atau transmisi karena diabaikan.

Deteksi Dini pada Oli Transmisi dan Valve

Masalah yang sering dialami pengemudi bertransmisi matic adalah kebocoran gasket transmisi oleh karena itu, perlu di deteksi sedini mungkin. Kebiasaan Anda dalam mengemudi kendaraan secara manual sering terbawa saat berada dalam kendaraan matic oleh sebab itu, hindari perpindahan gigi yang kasar dan hentakan gas, hal ini dapat mengakibatkan valve rusak dan bocor.

Mengecek Kinerja Transmisi Kendaraan Matic

Dalam mengecek kinerja transmisi matic dapat Anda lakukan sendiri dengan menempatkan tuas pada posisi R (Reverse)  atau D (Drive) kemudian rem dilepas secara cepat maka mobil Anda akan bergerak jika tidak terjadi masalah pada sistem transmisi tersebut.

Demikianlah tips mengenai cara merawat mobil matic yang kami berikan, ulasan ini kami buat agar Anda dapat melakukan perawatan secara rutin xupaya terhindar dari berbagai masalah kerusakan mesin terutama mobil dengan transmisi otomatis. Oleh karena itu, saran kami lebih baik lakukan pemeliharaan dan perawatan mobil kesayangan Anda sedini mungkin dan mengikuti standar direkomendasikan oleh produsen otomotif  di wilayah terdekat, agar lebih aman dan nyaman dalam berkendara di medan berat ataupun ringan serta keluarga Anda bisa menikmati perjalanan dengan santai. semoga bermanfaat.