Cara Mengakses Website yang Diblokir

Larangan dan pemblokiran sebuah website belakangan ini tengah gencar dilakukan pemerintah. Terutama jika website tersebut memuat konten yang dilarang oleh pemerintah dan melanggar undang – undang ITE . Larangan ini dibuat bukan tanpa alasan, pemblokiran ini dimaksudkan  agar masyarakat tidak dapat membuka situs dan mengetahui informasi yang ada dalam website tersebut. Selain itu, pemblokiran tersebut juga bertujuan untuk menciptakan layanan internet yang positif dan bebas dari konten ilegal yang melanggar hukum. Namun tidak perlu khawatir, masih ada beberapa cara agar Anda tetap dapat mengakses atau membuka situs yang diblokir, beberapa cara yang dapat Anda gunakan yakni dengan menggunakan proxy website,Virtual Proxy Network (VPN), DNS Hack dan masih banyak lagi. Berikut ini kami jelaskan beberapa cara yang efektif untuk membuka website yang diblokir :

cara-mengkases-website-yang-diblokir

Menggunakan proxy website

Proxy website adalah  server yang memiliki tugas sebagai media untuk meminta  dan menerima konten pada  jaringan internet.  Sebuah website memiliki ratusan proxy website yang dapat membuat kita dapat berselancar tanpa kendala. Proxy website dapat menyamarkan website yang diblokir oleh ISP (Internet service provider) dan memungkinkan kita untuk mengakses situs tersebut. Beberapa proxy website yang sering digunakan diantaranya :

  • http://proxify.us/p/
  • http://www.spysurfing.com/
  • https://www.hidemyass.com/

Menggunakan VPN (Virtual Proxy Network)

VPN merupakan koneksi private antara satu jaringan dengan jaringan lain melalui jaringan Internet (publik). VPN disebut dengan Virtual Network karena menggunakan jaringan Internet sebagai media koneksi dan  private karena sifatnya tertutup. Maksud dari tertutup di sini ialah hanya orang tertentu saja yang dapat menggunakan VPN.

Jika menggunkan VPN, data yang dikirimkan akan terenkripsi dan dapat merahasiakan isi sekaligus alamat pengirim dari data tersebut meskipun dikirim melalui jaringan internet. VPN juga mempunyai kemampuan untuk melakukan verifikasi terhadap sumber dari pengiriman data yang akan diterima. Selain itu VPN juga dapat melakukan pemeriksaan pada data yang masuk dengan begitu semua data yang dikirimkan hanya akan diterima oleh pihak yang benar – benar meiliki hak tersebut.

Menggunakan IP daripada URL

Cara ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuka Command Prompt (CMD) kemudian ketik “ ping www.namawebsite.com ” kemudian tekan Enter. Maka akan muncul deretan angka yang menjadi IP dari website tersebut. Setelah itu buka web browser yang biasa Anda gunakan kemudian gunakan alamat IP sebagai pengganti nama website yang akan Anda tuju. Kelemahakn dari cara ini adalah jika alamat IP website telah diganti maka situs tersebut tidak akan dapat di akses.

Merubah Jaringan Proxy di Browser

Merubah atau menonaktifkan jaringan proxy dari sebuah web bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu menemukan pilihan koneksi jaringan yang ada dalam pengaturan web browser yang digunakan. Anda dapat memiilih opsi tanpa proxy atau menggunakan koneksi yang terbatas atau hanya dapat di akses oleh orang  – orang yang berhak.

Bypass melalui Extensions

Cara ini hanya berlaku jika situs yang akan Anda tuju bersifat dinamis atau terus terupdate seperti Youtube, Facebook dan lain – lain. Untuk mengkasesnya, Anda dapat menambahkan ekstension seperti ProxMate, Zenmate, Hola dan lain – lain. semua ekstensi diatas dapat digunakan pada Google Chrome secara legal dan gratis.

Menggunakan RSS Feed

Untuk menggunakan layanan ini, Anda diwajibkan memiliki RSS Readers. RSS Readers digunakan untuk mendapatkan website yang mudah untuk dibaca sehingga memiliki tampilan yang lebih segar. Anda dapat mengambil RSS feed dari website yang telah diblokir dan menambahkan pada readers yang telah dimiliki. Namun dalam beberapa kasus, beberapa website tidak memilki RSS feeds sehingga Anda tidak dapat mengakses situs tersebut.

Demikian beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengakses website yang diblokir. Kami mendukung penuh program pemerintah dalam memberantas penyalahgunaan internet demi terwujudnya internet yamg aman dan nyaman. Ulasan ini dibuat untuk menambah pengetahuan dan diharapkan pembaca dapat menggunakannya dengan bijak.